Pengantar Bisnis "Mahasiswa Mengenal Bisnis"



   PENGANTAR BISNIS
“MAHASISWA MENGENAL BISNIS”


NAMA : INAS RIFQAH SARI

NPM : 23216480

KELAS : 1EB02

DOSEN PEMBIMBING :
SRI RAKHMAWATI

UNIVERSITAS GUNADARMA
PTA 2016/2017



KATA PENGANTAR

            Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan Makalah Pengantar Bisnis ini tepat pada waktunya.
            Makalah ini disusun sebagai tugas pertama dan presentasi mata kuliah Pengantar Bisnis. Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada pihak-pihak yang telah terlibat di dalam penulisan makalah ini. Saya juga berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Sudah tentu kekurangan-kekurangan akan terdapat dalam makalah ini. Karena itu, saran dan kritik yang sifatnya membangun dari setiap pembaca sangat saya harapkan, demi kesempurnaan makalah ini.

Jakarta, 1 Oktober 2016











DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR................................................................................................................2
DAFTAR ISI..............................................................................................................................3
BAB I
PENDAHULUAN.................................................................................................... .................1
1.1    Latar belakang..................................................................................... ...............................4
1.2    Perumusan Masalah............................................................................. ......... ....................4
1.3    Tujuan ................................................................................................. ......... ....................5
1.4 Metode penulisan.................................................................................................................5
BAB II. PEMBAHASAN........................................................................................................................6
2.1 Pengertian Bisnis.................................................................................................................6
2.2 Tujuan Bisnis.......................................................................................................................7
2.3 Fungsi-fungsi Bisnis............................................................................................................8
2.4 Manfaat dalam Bisnis...........................................................................................................8
2.5 Bentuk-bentuk Bisnis...........................................................................................................9
2.6 Faktor yang menentukan Bisnis.........................................................................................10
2.7 Problema bisnis yang dihadapai saat ini.............................................................................10
2.8 Klasifikasi Bisnis................................................................................................................11
BAB III
PENUTUP................................................................................................................. ..............13
       3.1    Kesimpulan................................................................................................... ...................13
3.2 Saran & Kritik....................................................................................................................13
DAFTAR PUSTAKA..............................................................................................................14

BAB I
PENDAHULUAN

1.      LATAR BELAKANG
Pada era globalisasi ini, masyarakat Indonesia khususnya para mahasiswa masih bingung dengan manfaat dan tujuan dari bisnis tersebut. Bangsa indonesia merupakan bangsa yang memiliki kekayaan alam yang melimpah, tinggal kita sendiri yang pandai-pandai mengaturnya. Jika tidak maka bangsa kita bisa saja jatuh ke dalam keterpurukan seperti kemiskinan dan menjadikan negara kita miskin.
Salah satu ladang bisnis terbesar berada di perusahaan milik investor dalam negeri maupun perusahaan milik para investor dari luar negeri. Setiap perusahaan memiliki tantangan untuk tetap mempertahankan usahanya, antara lain bagaimana untuk mempertahankan usahanya. Salah satunya adalah bagaimana menjaga kualitas pelayanan agar produk atau jasa dapat bersaing dengan produk dan jasa pengganti lainnya. Faktor yang harus diperhatikan dalam menjaga kualitas yaitu dengan menjaga kualitas layanan terhadap pelanggan. Sehingga dirasakan sangatlah penting untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diharapkan pelanggan.
2.      RUMUSAN MASALAH
Rumusan masalah dalam pembahasan makalah ini, yaitu :
1.      Apa yang dimaksud dengan bisnis ?
2.      Apa tujuan bisnis ?
3.      Apa fungsi-fungsi bisnis ?
4.      Apa manfaat dalam bisnis ?
5.      Apa saja bentuk-bentuk bisnis ?
6.      Apa faktor yang menentukan bisnis ?
7.      Apa problema bisnis yang dihadapai saat ini ?
8.      Apa saja klasifikasi bisnis ?

3.      TUJUAN PENULISAN
Tujuan penulisan dalam penulisan makalah ini, yaitu :
1.      Untukm memenuhi tugas pengantar bisnis yang bertujuan untuk peningkatan softskill.
2.      Untuk memberikan informasi kepada mahasiswa mengenai materi pengantar bisnis.

4.  METODE PENULISAN
            Untuk memperlancar penulisan yang dilaksanakan, maka penulis menggunakan kepustakaan, yaitu :
            1. Penulis mencari berbagai referensi sebagai sumber penulis untuk membuat makalah ini.
2. Penulis juga menggunakan sumber lainnya melalui situs-situs internet.


  

BAB II
PEMBAHASAN

1.      PENGERTIAN BISNIS
            Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Secara etimologi, bisnis berarti keadaan di mana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata "bisnis" sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya "bisnis pertelevisian." Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Namun definisi "bisnis" yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat iniAda beberapa definisi bisnis dari beberapa tokoh diantaranya :
a.      Menurut Hughes dan Karpor
“Business is the organized effort of individuals to produce and sell for a provit, the goods and services that satisfy societies needs. The general term business refer to all such efforts within a society or within an industry”, yang berarti bisnis  adalah sesuatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan ada dalam industri.
b.      Menurut Griffin dan Ebert
“Business is an organization that provides goods or service in order to earn provit”, yang berarti bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang dan jasa yang bertujuan untuk menghasilkan profit (laba).
c.       Menurut Brown dan Petrello
“Business is an institution which produces goods and services demanded by people”, yang berarti bisnis adalah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat sambil memperoleh laba.
d.      Menurut  Steinford
“Business is all those activities involved in providing the goods and services needed or desired by people”, yang berarti bisnis sebagai aktivitas yang menyediakan barang atau jasa yang diperlukan atau diinginkan oleh konsumen.
e.       Menurut Allan Afuah
“Bisnis adalah sekumpulan aktivitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara mengembangkan dan mentrasformasikan berbagai sumber daya menjadi barang atau jasa yang diinginkan konsumen.

2.      TUJUAN BISNIS
Pada umunya tujuan didirikannya suatu bisnis atau perusahaan tidak hanya profit oriented semata, namun secara keseluruhan tujuan didirikannya sebuah perusahaan meliputi yaitu :
·         Profit
·         Menyediakan barang atau jasa
·         Untuk bertujuan mendapatkan Kesejahteraan pemilik faktor produksi dan masyarakat
·         Full employment
·         Untuk mendapatkan Eksistensi suatu perusahaan dalam jangka panjang
·         Untuk kemajuan atau dalam pertumbuhan
·         Untuk memperoleh Prestise dan prestasi
Meskipun tujuan utama mereka yaitu untuk mendapatkan sebuah keuntungan namun hal tersebut bukan berarti bahwa mereka tidak memiliki suatu tujuan lain selain tujuan tersebut, masih banyak tujuan-tujuan para pebisnis yang ingin mereka raih para pebisnis mempunyai tujuan yang berbeda-beda. Tujuan lain yang ingin dicapai oleh pelaku bisnis yaitu diantaranya :
·         Ingin mencukupi berbagai suatu kebutuhan dalam hidupnya
·         Untuk mensejahterkan keluarga
·         Ingin mendapatkan pengakuan dari orang lain.
·         Ingin menjadi meneruskan bisnis keluarga
·         Ingin mencoba suatu hal baru
·         Ingin memanfaatkan waktu luang agar mendapatkan kesibukan
·         Ingin memiliki usaha sendiri dan tidak bekerja pada orang lain.

3.      Fungsi Bisnis
Fungsi bisnis ditinjau dari kepentingan mikro ekonomi dan makro ekonomi.
1.      Mikro bisnis sebagai kemampuan aktivitas bisnis yang memberikan kontribusinya pada pihak yang berperan secara langsung terhadap proses penciptaan nilai.
2.      Makro bisnis sebagai kemampuan aktifitas bisnis dalam memberikan kontribusinya pada pihak-pihak yang terlibat secara tidak langsung dalam pembentukan dan pengendalian bisnis.

4.      Manfaat Bisnis
a.       Mendapatkan Penghargaan/Pengakuan
Penghargaan ataupun pengakuan bisa diperoleh dengan berbisnis. Dengan adanya bisnis yang berhasil dan tumbuh dan berkembang serta memberikan dampak positif kepada suatu masyarakat akan memberikan sebuah pengakuan positif dari lingkungan masyakat itu sendiri.
 
b.      Kesempatan Untuk Menjadi Bos bagi DIRI SENDIRI
Kapan lagi anda bisa menjadi bos untuk diri sendiri kalau bukan membangun bsinis yang anda rintis dan buat sendiri. Dengan berbisnis, anda akan menjadi penentu dan pemimpin dari bisnis yang anda jalani. Besar kecilnya bisnis anda ditentukan oleh suatu kemampuan anda menjadi bos atau pemimpin.
 
c.       Menggaji diri sendiri 
Anda akan memperoleh gaji dari hasil kerja keras anda sendiri. Itulah manfaat membangun sebuah bisnis anda. Jumlah penghasilan dan juga sumber penghasilan anda, anda yang menentukannya sendiri.
 
d.      Dapat  Mengatur Waktu Anda Sendiri
Jam kerja anda, anda yang atur. Itulah manfaat dari berbisnis. Bila anda jadi PNS, jam kerja anda haruslah sesuai dengan permintaan suatu pemerintah. Bila anda menjadi pebisnis, jam kerja anda akan menjadi lebih fleksibel. Bila anda lebih ingin bersantai, dengan penghasilan dalam berbisnis yang naik, anda bisa merekrut pegawai untuk menggantikan anda.
 
e.       Masa Depan yang lebih cerah 
Masa depan akan lebih cerah, Bisa dikatakan anda yang atur, jika semakin anda gigih dan semangat berbisnis, anda akan mempunyai masa depan yang lebih cerah. 

Dalam membuat bisnis akan membuka sebuah lapangan pekerjaan untuk yang membutuhkan pekerjaan. dan akan mengurangi angka pengangguran pada negara.

5.      Bentuk dasar kepemilikan bisnis
Meskipun bentuk kepemilikan bisnis berbeda-beda pada setiap negara, ada beberapa bentuk yang dianggap umum:
Perusahaan perseorangan
Perusahaan perseorangan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh satu orang. Pemilik perusahaan perseorangan memiliki tanggung jawab tidak terbatas atas harta perusahaan. perusahaan ini di kelola secara perorangan serta memiliki tanggung jawab penuh terhadap kelangsungan perusahaan dan modalnya berasal dari milik sendiri. biasanya perusahaan perorangan memiliki kelebihan dan kekurangan.
Persekutuan
Persekutuan adalah bentuk bisnis di mana dua orang atau lebih bekerja sama mengoperasikan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan. Sama seperti perusahaan perseorangan, setiap sekutu (anggota persekutuan) memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan. Persekutuan dapat dikelompokkan menjadi persekutuan komanditer dan firma.
Perseroan
Perseroan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh beberapa orang dan diawasi oleh dewan direktur. Setiap pemilik memiliki tanggung jawab yang terbatas atas harta perusahaan.
Koperasi
Koperasi adalah bisnis yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya. Karateristik utama koperasi yang membedakan dengan badan usaha lain adalah anggota koperasi memiliki identitas ganda. Identitas ganda maksudnya anggota koperasi merupakan pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.


6.      Faktor yang Mempengaruhi Bisnis
Terdapat tiga faktor yang menentukkan iklim bisnis, diantaranya :
a.         Investasi
Penggunaan sumber-sumber untuk menciptakan modal baru.
b.      Tabungan
Jumlah yang diputuskan oleh para pekerja untuk ditabung akan menentukan kuat lemahnya multiplier tersebut. Semakin banyak tabungan berarti semakin sedikit pengeluaran dan semakin lemah multiplier tersebut.
c.       Pemerintah
Pemerintah berperan sebagai pengelola sistem bisnis. Pemerintah memiliki dua kebijaksanaan yang dapat mempengaruhi bisnis, yaitu :
1.      Kebijaksanaan Fiskal
Kebijaksanaan yang digunakan umtuk mempengaruhi permintaan dengan meningkatkan pajak (mengurangi permintaan) atau meningkatkan pengeluaran pemerintah (meningkatkan permintaan)
2.      Kebijaksanaan Moneter
Kebijaksanaan yang berkaitan dengan pengelolaan supply (penawaran) uang untuk meningkatkan atau menurunkan permintaan.



7.      Problema Bisnis
Tiga persoalan yang selalu menjadi perhatian pemerintah maupun masyarakat karena dapat mempengaruhi setiap konsumen dalam sistem bisnis, yaitu :
a.       Inflasi
Inflasi adalah suatu kenaikan harga-harga barang dan jasa secara umum dalam perekonomian.
b.      Produktivitas
Produktivitas adalah keluaran barang dan jasa per unit tenaga kerja.
c.       Pengangguran
Tingkat pengangguran di Indonesia tidak dapat ditentukan secara tepat karena sulitnya mendapatkan data yang akurat. Salah satu timbulnya pengangguran karena banyaknya karyawan yang di PHK dimana perusahaan sudah tidak mampu lagi membayar mereka sebagai akibat turunnya penghasilan (dari penjualan) secara drastis


8.      Klasifikasi bisnis
Bisnis terdiri dari berbagai macam tipe, dan, sebagai akibatnya, bisnis dapat dikelompokkan dengan cara yang berbeda-beda. Satu dari banyak cara yang dapat digunakan adalah dengan mengelompokkan bisnis berdasarkan aktivitas yang dilakukannya dalam menghasilkan keuntungan.
·         Manufaktur adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari barang mentah atau komponen-komponen, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti mobil atau pipa.
·         Bisnis jasa adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible, dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan. Contoh bisnis jasa adalah konsultan dan psikolog.
·         Pengecer dan distributor adalah pihak yang berperan sebagai perantara barang antara produsen dengan konsumen. Kebanyakan toko dan perusahaan yang berorientasi-konsumen adalah distributor atau pengecer. lihat pula: Waralaba
·         Bisnis pertanian dan pertambangan adalah bisnis yang memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman atau mineral tambang.
·         Bisnis finansial adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal.
·         Bisnis informasi adalah bisnis menghasilkan keuntungan terutama dari pejualan-kembali properti intelektual (intelellectual property).
·         Utilitas adalah bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik, seperti listrik dan air, dan biasanya didanai oleh pemerintah.
·         Bisnis real estate adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan cara menjual, menyewakan, dan mengembangkan properti, rumah, dan bangunan.
·         Bisnis transportasi adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang atau individu dari sebuah lokasi ke lokasi yang lain.
·         Bisnis online adalah bisnis yang dilakukan secara online lewat internet. Dalam bisnis online, barang apa saja bisa diperjuabelikan layaknya pada bisnis pada umumnya. Untuk bisa berbisnis secara online, banyak media yang bisa dimanfaatkan, salah satunya adalah website, facebook, twitter, instagram, path, blog dan lainnya.


  

BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Dari analisis diatas, penulis dapat menyimpulkan bahwa menjalankan suatu bisnis itu tidak mudah kita harus memahami terlebih dahulu apa saja komponen-komponen yang ada di dalam bisnis. Sehingga kita tidak mengalami kerugian atau gulung tikar dari usaha yang kita jalankan.


SARAN DAN KRITIK
Adapun saran yang penulis berikan kepada pembaca, diantaranya :
§  Para pembaca dapat lebih memahami dan memaknai pentingnya belajar bisnis
§  Bagi generasi muda, khususnya mahasiswa mulailah berbisnis dari hati dan secara tekun
§  Dalam melakukan atau menjalankan bisnis bagi pemula kita dapat bertanya kepada pembisnis atau pengusaha yang sudah sukses dalam dunia bisnisnya.





DAFTAR PUSTAKA

http://noormutia.blogspot.co.id/2012/11/makalah-pengantar-bisnis_98.html


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengantar Bisnis "Teknik Proyeksi Bisnis"

Kesan dan Pesan