Pengantar Bisnis “Bermula Dari K-POP Menuju Usaha POP"
PENGANTAR BISNIS
“Bermula
Dari K-POP Menuju Usaha POP”
NAMA : INAS RIFQAH SARI
NPM : 23216480
KELAS : 1EB02
DOSEN PEMBIMBING :
SRI RAKHMAWATI
UNIVERSITAS
GUNADARMA
KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa
karena atas rahmat dan hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan Makalah Pengantar
Bisnis ini tepat pada waktunya.
Makalah ini disusun sebagai tugas pertama dan presentasi
mata kuliah Pengantar Bisnis. Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada pihak-pihak
yang telah terlibat di dalam penulisan makalah ini. Saya juga berharap semoga
makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Sudah tentu kekurangan-kekurangan
akan terdapat dalam makalah ini. Karena itu, saran dan kritik yang sifatnya
membangun dari setiap pembaca sangat saya harapkan, demi kesempurnaan makalah
ini.
Jakarta,
1 Oktober 2016
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR................................................................................................................2
DAFTAR ISI..............................................................................................................................3
BAB I
PENDAHULUAN..........................................................................................................4
BAB II
PEMBAHASAN...........................................................................................................5
BAB III
PENUTUP..................................................................................................................10
DAFTAR
PUTAKA.................................................................................................................11
BAB
I
PENDAHULUAN
Dalam ilmu
ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual
barang atau jasa kepada konsumen
atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba.
Secara historis kata bisnis dari bahasa
Inggris business, dari kata dasar busy yang
berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun
masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang
mendatangkan keuntungan. Secara etimologi, bisnis berarti keadaan di mana
seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan
keuntungan.
Kata "bisnis"
sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata
bisnis dapat merujuk pada badan
usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan
ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih
luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya "bisnis
pertelevisian." Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas
yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa
Dalam kesempatan ini saya akan
menceritakan mengenai bisnis idola yang pernah saya jumpai khususnya di bidang
kuliner.
Selamat Membaca.
BAB
II
PEMBAHASAN
Musik k-pop yang
menggejala di indonesia beberapa tahun terakhir, ternyata berdampak manis bagi
para pemula dalam bisnis contohnya saja dalam bidang usaha kuliner. Sebab,
ternyata, penggemar mereka yang kebanyakan adalah remaja dan anak-anak muda
bukan cuma menikmati genre musiknya,
melainkan juga kuliner-kuliner yang berasal dari negeri ginseng ini.
Salah satu bisnis
kuliner dari korea yang pernah saya jumpai di daerah Depok yaitu Daebak Fan
Cafe. Sekilas usaha ini terlihat seperti usaha kuliner berbasis cafe pada
umumnya. Namun yang membedakannya dari cafe-cafe yang lain yaitu pada tema yang
di usungnya. Cafe yang terletak di Jalan Margonda Raya No. 239,
Kota Depok, Jawa Barat ini ditujukan untuk para penggemar kpop yang
ingin mencoba makanan khas korea dengan nuansa k-pop. Menurut saya yang
penggemar k-pop ini, cafe ini sangatlah recommended untuk tempat nongkrong makan
siang para pecinta kpop di daerah depok
Pengunjung benar-benar disuguhi suasana
layaknya di Korea. Tak lupa di putarkan lagu dari boyband dan girlband ternama,
pengunjung pun dapat meminta lagu apa saja yang ingin diputarkan. Sangat
nyaman makan siang di Daebak Fan Cafe ini.
Dimulai
dari pelayanannya yang menggunakan beberapa ungkapan bahasa korea seperti
selamat datang: Eoseo Oseo (어서
오세요),
terimakasih : Gamsahamnida (감사합니다) ,hanya itu yang saya ingat.
Karyawan dan karyawati Daebak Cafe pun berpakaian tradisional korea yang
disebut hanbok. Tata ruangannya unik, dapur berada dilantai dasar dan untuk
makan para pengunjung terletak di lantai 2.
Begitu naik ke lantai 2 Daebak Fan Cafe, kalian bakal ngerasa sedang makan di
restoran yang ada di Korea asli, karena mereka mendesain sedemikian mungkin
mirip dengan elemen tradisional dan modern juga pernak-pernik Hallyu Wave. Dindingnya dipenuhi oleh paper note dari para pengunjung
yang disertai poster-poster boyband dan girlband Korea, seperti Suju, Bigbang,
CN Blue, TVXQ, SNSD, Kara, 2NE1 dll
Daebak Fan Cafe
menyediakan makanan Korea halal dan berkualitas. Ingat satu kata "HALAL",
karena banyak Muslim yang ragu untuk nyoba karena takut ngga halal. Dengan
harga terjangkau di mulai dari Rp 8.000 sampai sekitar RP 30.000-an kalian
merasakan kenikmatan makanan Korea. Daebak Fancafe juga sering jadi tempat
ngumpul bagi komunitas pecinta korea, banyak dari
beberapa fandom dateng untung ngadain gathering. Ngga cuma KPopers yang dateng
ke restoran ini, banyak yang dateng karena ingin mencoba kuliner Korea.
Fasilitas-fasilitas terbaik yang disediakan oleh Daebak Fancafe adalah:
- Free Wifi
- LCD TV
- Conference Room
- Mushola bagi muslim
- Toilet
- Wall of Fans
Oke mungkin beberapa dari fasilitas di
atas ada satu yang kalian ngga tau fungsinya, fungsi dari Wall of Fans. Wall of
Fans itu dimana kalian bisa menulis tentang apa saja yang berhubungan dengan
Bias (Kpop Idol) kalian atau tentang Fandom kalian. Kalian bisa menulisnya
dengan sticker note yang nantinya akan ditempelkan di dinding yang ada di
Hongdae Room. Ohiya buat tambahan, Daebak Fan Cafe sekarang udah menambah satu
ruang lagi yaitu Bukchon room. Jadi dijamin lah ya ngga bakal ada lagi waiting
list, kecuali lagi bener-bener rame.
Di Hongdae room kalian disediain LCD TV yang berfungsi buat play music video kpop dan setiap malem minggu biasanya di sana bakal ada nobar Running Man. Untuk music video kalian bisa request video apa yang pengen kalian tonton. Kalo LCD TV yang di Bukchon room, di sana bakal play music video dari soundtrack-soundtrack drama Korea.
Saya
sendiri udah pernah 2x makan di Daebak Fancafe, Saya akuin makanan disini
MASITTDA~ ENAAK banget. Kalo saya rekomendasiin sih kalo makanan kalian bisa
coba Bibimbap, Tokpoki sama Jjajangmyeon. Kalo Fandom Punch gue rekomendasiin
Dazzling Aqua, sumpah itu seger banget.
Oke
sekian cerita saya mengenai bisnis idola restoran Korea dari saya, semoga
kalian bisa berkesempatan makan di Daebak Fan Cafe. DAEBAK!!!
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Dalam kesimpulan, sebuah bisnis
yang kita jalani harus sesuai dengan kesenangan maka kita akan lebih lebih
mudah ketika menjalankan dan kita bisa mulai dari usaha kecil karena dari sana
bisa membangun bisnis yang besar dan mengurangi risiko bisnis. Manajemen resiko
adalah hal yang harus dipahami dan dimiliki oleh seorang pengusaha.
DAFTAR PUSTAKA
http://uthyns.blogspot.co.id/2014/01/rekomendasi-restoran-korea-daebak.html
http://daebakfancafe.com/daebak-menu/
Komentar
Posting Komentar